~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN PEMBUKTIAN PERKARA TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA DI PERSIDANGAN OLEH PENUNTUT UMUM KEJAKSANAAN NEGERI SURAKARTA (1204)
(E. 006187)
Hukum Pidana


ABSTRAK

 

Nama: Nin Yasmine Lisasih, NIM: E. 0006 187, “PELAKSANAAN PEMBUKTIAN PERKARA TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA DIPERSIDANGAN OLEH PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI SURAKARTA”.

 

Penelitian ini mempunyai 2 tujuan: 1. Tujuan Objektif : mengetahui pelaksanaan dan hambatan pembuktian perkara tindak pidana pembunuhan berencana dipersidangan oleh jaksa penuntut umum di Kejaksaan Negeri Surakarta, 2. Tujuan Subjektif : mengumpulkan dan mengolah data yang diperlukan guna penulisan, penelitian serta menambah pengetahuan penulis dan membandingkan materi diperkuliahan dengan kenyataan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam, penelitian im adalah metode deskriptif kualitatif.

Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang mengambarkan tentang pelaksanaan pembuktian perkara, tindak pidana pembunuhan berencana dipersidangan oleh penuntut umum Kejaksaan Negeri Surakarta. Sumber data adalah primer dan sekunder, tehnik pengumpulan data menggunakan : wawancara, daftar pertanyaan dan kepustakaan atau library riset. Analisis yang dilakukan dengan model analisis interatif

Hasil penelitian: 1. Pelaksanaan pembuktian perkara, tindak pidana pembunuhan berencana dipersidangan oleh jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Surakarta. a. Keterangan saksi antara, lain : Paulus Bambang Wijamko. Nyonya Merapi Yatmi , Jiman, Sinta Dewi., Evi Riwayati., Agus Riyanto., Nur Rahman Als Kikuk, Ismantoro Als Kiki, Heri Susanto, Basuki Noto Gunawan, b. Keterangan ahli, jaksa penuntut umum mengandirkan Dr. Pudjo Pramono selaku ahli forensik yang mengotopsi korban, c. Surat, berdasarkan Visum et repertum No. 141 / ME / III / 2006 yang dibuat oleh laboraturium forensik fakultas kedokteran UNS dan ditandatangani oleh Dr. Pudjo Pramono, Sp,F yang kesimpulannya korban Nyo Siok Hoo meninggal karena patahnya tulang leher, d. Petunjuk jaksa penuntut umum memberikan petunjuk bahwa para, saksi menerangkan, mendengar langsung dari para, terdakwa, yang mengatakan bahwa terdakwa memukul korban dengan potongan besi kena tengkuk belakang lantas dijerat lehernya dengan kain beling sesuai visum, e. Keterangan terdakwa, berdasarkan keterangan terdakwa 1 Riski Bambang Sulistyo Als Nyo-nyo terdakwa 2. Chandra Sutrisno Als Liem Bunsen Als Babahe membenarkan telah membunuh Nyo Siok Hoo. 2. Hambatan jaksa dalam, proses sidang adalah a. berkurang atau berpindah tangan alat-alat bukti, sehingga mengakibatkan tidak lengkapnya bukti dalam proses persidangan, b. adanya perlawanan dari pembela atau penasehat hukum atau tuntutan jaksa penuntut umum.

 

 

Kembali 

Copyright © 2006