~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

TINJAUAN TENTANG PROSES PENGAJUAN DAN PENYELESAIAN KLAIM GARANSI SUKU CADANG SEPEDA MOTOR HONDA BARU PADA BENGKEL RESMI HONDA (AHASS) TARUNA MOTOR SURAKARTA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN (894)
(E.0005185)
Hukum Administrasi Negara


ABSTRAK

 

Ika Fitria Pasurya. 2009. TINJAUAN TENTANG PROSES PENGAJUAN DAN PENYELESAIAN KLAIM GARANSI SUKU CADANG SEPEDA MOTOR HONDA BARU PADA BENGKEL RESMI HONDA (AHASS) TARUNA MOTOR SURAKARTA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999. Fakultas Hukum UNS.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai proses pengajuan dan penyelesaian klaim garansi suku cadang sepeda motor Honda baru pada bengkel resmi Honda (AHASS) Taruna Motor di Surakarta serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi penyelesaian klaim garansi suku cadang sepeda motor Honda baru pada bengkel resmi Honda (AHASS) Taruna Motor di Surakarta.

Jenis penelitiannya adalah penelitian hukum normatif yang bersifat kualitatif. Data penelitian ini adalah data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data isi (content analysis).

Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa: (1) proses pengajuan dan penyelesaian klaim garansi suku cadang sepeda motor Honda baru pada bengkel resmi Honda (AHASS) Taruna Motor di Surakarta adalah dengan cara cepat, mudah, dan tepat dengan tidak ada batasan biaya. Mengenai prosedur pengerjaan tergantung stock part yang di klaim (tersedia/ atau tidak). Prosedurnya mudah apabila memang motor sudah dicek dan ternyata masuk kriteria klaim maka konsumen wajib menyerahkan foto copy Kartu tanda Penduduk, foto copy Surat Tanda Nomor Kendaraan serta buku Servis dan Garansi. (2) Faktor pendukung yang mempengaruhi penyelesaian klaim garansi suku cadang sepeda motor Honda baru pada bengkel resmi Honda (AHASS) Taruna Motor di Surakarta adalah adanya koordinasi dan management yang baik (online) antara pihak PT Astra Honda Motor, Main Dealer dan AHASS ACS  Taruna Motor, sosialisasi kebijakan dari PT AHM dan Main Dealer yang cepat, mudah dan transparan, pelatihan untuk para mekanik di jaringan AHASS baik non ACS maupun ACS setiap jangka waktu tertentu dalam beberapa tingkatan sesuai standar Astra Honda Motor serta adanya fasilitas peralatan dan perlengkapan yang dimiliki AHASS ACS Taruna Motor dengan menerapkan program Servis Limit Inspection Sheet sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi penyelesaian klaim garansi suku cadang sepeda motor Honda baru pada bengkel resmi Honda (AHASS) Taruna Motor di Surakarta adalah terkadang terjadinya perbedaan dalam analisa klaim produk, antara AHASS ACS Taruna Motor dan Main Dealer berbeda, adanya kerancuan makna dalam buku pemeriksaan/ perawatan berkala di dalam buku Servis dan Garansi sepeda motor Honda, ketidakpedulian konsumen (pemilik sepeda motor Honda) atas buku Servis dan Garansi, seringnya ditemukan suatu kasus dalam pencairan jasa klaim dari AHASS ACS yakni terdapat kendala untuk proses klaim lebih lanjut.

 

Kembali 

Copyright © 2006