~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

STUDI TENTANG PENERAPAN SYARAT FORMIL DAN MATERIIL SURAT DAKWAAN OLEH PENUNTUT UMUM DAN AKIBAT HUKUMNYA JIKA DINYATAKAN OBSCUUR LIBEL OLEH HAKIM (STUDI KASUS PADA PERKARA PIDANA KORUPSI PENGADAAN HELIKOPTER DENGAN TERDAKWA ABDULLAH PUTEH)(52)
FITRI AYUNINGSIH(E0004168)
Hukum Acara


ABSTRAK

 

FITRI AYUNINGSIH. E 0004168. STUDI TENTANG PENERAPAN SYARAT FORMIL DAN MATERIIL SURAT DAKWAAN OLEH PENUNTUT UMUM DAN AKIBAT HUKUMNYA JIKA DINYATAKAN OBSCUUR LIBEL OLEH HAKIM (STUDI KASUS PADA PERKARA PIDANA KORUPSI PENGADAAN HELIKOPTER DENGAN TERDAKWA ABDULLAH PUTEH). FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Penelitian ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai penerapan syarat formil dan materiil dalam pembuatan surat dakwaan oleh Penuntut Umum yang memiliki banyak kekurangan dalam penulisan surat dakwaan, yang  berakibat hukumnya batal secara formil karena surat dakwaan tersebut oleh Hakim dinyatakan Obscuur Libel (kabur/samar-samar).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan syarat formil dan materiil pada surat dakwaan yang dilakukan oleh penuntut umum dalam kasus pidana korupsi pengadan helikopter yang dilakukan oleh H. Abdullah Puteh dan untuk mengetahui akibat hukum dari surat dakwaan jika dinyatakan obscuur libel oleh hakim.

Penelitian yang digunakan oleh penulis menggunakan jenis penelitian normatif, tekhnik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, yaitu pengumpulan data sekunder. Penulis mengumpulkan data sekunder yang ada hubungannya dengan masalah yang akan diteliti yang digolongkan sesuai dengan katalogisasi.

Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan syarat formil dan materiil dalam surat dakwaan oleh penuntut umum pada kasus pidana korupsi dengan terdakwa Abdullah Puteh terdapat banyak kekurangan di dalam pembuatannya, sehingga menyebabkan surat dakwaannya Obscuur Libel (kabur yang batal secara hukum).

 

Kembali 

Copyright © 2006