~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

EFEKTIVITAS PERATURAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 02 TAHUN 2003 TENTANG PROSEDUR MEDIASI DI PENGADILAN DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA PERDATA DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA. (17)
(E.0003007)
Hukum Acara


ABSTRAK

 

CAHYO AJIE. E0003007. EFEKTIVITAS PERATURAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 02 TAHUN 2003 TENTANG PROSEDUR MEDIASI DI PENGADILAN DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA PERDATA DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA.  Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Hukum (Skripsi). 2007.

 

 

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2003 tentang Prosedur Mediasi Di Pengadilan dalam menyelesaikan sengketa perdata beserta hambatan-hambatannya dalam menyelesaikan sengketa secara damai.

       Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum empiris atau non-doktrinal. Lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Surakarta. Jenis  data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara dan studi kepustakaan yang berupa buku-buku, Peraturan Perundang-undangan, dokumen-dokumen dan sebagainya. Analisis data menggunakan  Interactive models of analysis.

       Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2003 tentang Prosedur Mediasi Di Pengadilan belum cukup efektif dalam menyelesaikan sengketa perdata di Pengadilan Negeri Surakarta dan ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003 Tentang Prosedur Mediasi Di Pengadilan dalam menyelesaikan sengketa perdata di Pengadilan Negeri Surakarta, yaitu rendahnya tingkat kesadaran pihak materiil untuk menyelesaikan sengketa mereka secara damai melalui mediasi dan keengganan advokat untuk mendorong kliennya untuk menyelesaikan sengketa klien mereka secara damai melalui mediasi.

Kembali 

Copyright © 2006