~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN (LPMK) DALAM MENDUKUNG PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN DI KELURAHAN BUMI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA BERDASARKAN PERDA NO. 7 TH. 2002 (15)
(E 1103093)
Hukum Tata Negara


ABSTRAK

 

KRISCAHYO BAGUS NUSWANTORO. E 1103093. PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN (LPMK) DALAM MENDUKUNG PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN DI KELURAHAN BUMI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA BERDASARKAN PERDA NO. 7 TH. 2002. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Hukum (Skripsi). 2007.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan LPMK dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta yang berdasarkan pada Perda No. 7 Th. 2002 tentang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan. Selain itu juga untuk mengetahui hambatan atau permasalahan yang timbul pada saat melaksanakan peranan LPMK tersebut di Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dan solusi atau cara untuk memecahkan masalah tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris atau non doktrinal yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, kuisioner dan penelitian kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif data.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa :

1.      Peranan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan di Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta telah sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 7 Tahun 2002 tentang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan meskipun belum sempurna dalam tata kerjanya yaitu tentang rapat rutin pengurus LPMK yang karena baru berjalan selama satu periode.

2.      Hambatan atau masalah yang timbul sehubungan dengan peran LPMK di Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta antara lain kurangnya kesadaran masyarakat akan arti penting mengenai LPMK dan tebatasnya sumber dana yang diberikan pemerintah yang terkadang belum sesuai dengan usulan masyarakat. Selain itu belum optimalnya tata kerja LPMK yang juga berpengaruh terhadap kegiatan LPMK di Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Adapun usaha untuk mengatasi berbagai masalah atau hambatan tersebut antara lain dengan diadakannya sosialisasi tentang arti penting LPMK kepada warga masyarakat serta pemanfaatan aset di Kelurahan Bumi Kecamatan Laweyan Kota Surakarta agar tata kerja LPMK menjadi bisa lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya.

Kembali 

Copyright © 2006