~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN TUGAS DAN WEWENANG PENYIDIK POLRI TERHADAP TINDAK PIDANA LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN KARANGANYAR (10)
(E 1103003)
Hukum Pidana


ABSTRAK

 

ADHI DAMASTO. E. 1103003

PELAKSANAAN TUGAS DAN WEWENANG PENYIDIK POLRI TERHADAP TINDAK PIDANA LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN KARANGANYAR, Fakultas Hukum universitas Sebelas Maret Surakarta 2007.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana realisasi pelaksanaan penyidikan terhadap tindak pidana lingkungan hidup di Kabupaten Karanganyar. Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ada dalam pelaksanaan penyidikan terhadap tindak pidana lingkungan hidup.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yaitu menjelaskan bagaimana gerak hukum dalam pelaksanaannya khususnya bagaimana penyidik Polri dalam melakukan tugas dan wewenang penyidikan terhadap tindak pidana lingkungan hidup. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yang dilengkapi dengan data sekunder. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan melalui studi lapangan serta studi kepustakaan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pelaksanaan tugas dan wewenang penyidik Polri terhadap tindak pidana lingkungan hidup tidak sama dengan tindak pidana pada umumnya, perbedaan ini apabila dalam kondisi tertangkap tangan maka penyidikan dilakukan oleh penyidik Polri sedangkan dalam kondisi tidak tertangkap tangan dilakukan oleh PPNS di bawah koordinasi Penyidik Polri.

Dalam pelaksaan penyidikan terhadap pelaku tindak pidana lingkungan hidup tidak semua rangkaian dalam proses penyidikan dilakukan oleh Polri, misal penangkapan, penahanan, penggeledahan.

 

Kembali 

Copyright © 2006