~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN PENGALIHAN JENIS PENAHANAN DENGAN JAMINAN ORANG (Studi Kasus di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Wonogiri)(2)
(E.1103118)
Hukum Acara


ABSTRAK

 

P. WIDODO . E.1103118 . 2007 . PELAKSANAAN PENGALIHAN JENIS PENAHANAN DENGAN JAMINAN ORANG (Studi kasus di Rumah Tahanan Negara kelas II B Wonogiri). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarat. Penulisan Hukum (Skipsi) .

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan tata cara pengalihan jenis penahanan yang dikeluarkan oleh pengadilan terhadap status penahanan terdakwa, mengetahui tanggapan kepala Rutan dengan adanya perintah pengalihan penahanan tersebut terkait dengan status penahanan terdakwa dan pengawasan terhadap terdakwa selama berada di luar Rutan. Selain itu penulisan hukum ini juga bertujuan untuk memenuhi syarat yang ditentukan dalam meraih gelar sarjana (S1) di Fakultas Hukum Universitas Sebelas maret Surakarta.

Penelitian ini adalah merupakan ruang lingkup penelitian empiris, dan dilihat dari sifatnya adalah deskriptif. Lokasi penelitiannya di Rumah Tahanan Negara kelas II B Wonogiri. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh melalui studi pustaka dan keterangan-keterangan yang diperoleh melalui wawancara secara langsung kepada nara sumber di Rutan baik para petugas dan para tahanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan wawancara. Dalam menganalisis data penulis menggunakan model analasis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa pelaksanaan pengalihan jenis penahanan akan berpengaruh terhadap pejabat yuridis yang berwenang terhadap penahanan terdakwa , yaitu Hakim, Penuntut Umum, dan Kepala Rutan termasuk kendala-kendala yang di hadapi dalam Pelaksanaan Pengalihan Jenis Penahanan.

Dalam penelitian ini penulis mengambil contoh perkara Nomor 103/Pid.B/2005/PN.Wng dengan nama Danang Sarsono Pasal yang didakwakan adalah Pasal 303 ayat 1-2 KUHP yang mendapatkan pengalihan penahanan dengan jaminan orang oleh majelis hakim yang berwenang terhadap penahanan terdakwa.

Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan manfaat bagi Hakim, Penuntut umum, dan kepala Rutan sebagai pedoman apabila ada suatu pengalihan jenis penahanan terhadap terdakwa dan juga bermanfaat begi perkembangan ilmu pengetuhuan khususnya dibidang ilmu hukum.

Kembali 

Copyright © 2006