~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN UPAH MINIMUM KABUPATEN (UMK) PADA PT. SANDANG ANGGUN MORATEX KABUPATEN SUKOHARJO(380)
(E. 1103142)
Hukum Administrasi Negara


ABSTRAK

 

Nama: Salasa Surya Dharmawan, NIM: E. 1103015, “PELAKSANAAN UPAH MINIMUM KABUPATEN (UMK) PADA PT. SANDANG ANGGUN MORATEX SUKOHARJO”. Skripsi, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2008.

 

Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui dasar penetapan upah pada PT. Sandang Anggun Moratex Sukoharjo; 2. Untuk mengetahui besaran upah yang diterima pekerja PT. Sandang Anggun Moratex Sukoharjo; 3. Untuk mengetahui pelaksanaan pembayaran upah pada PT. Sandang Anggun Moratex Sukoharjo.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Menurut bidangnya penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat empiris. Tempat yang digunakan untuk penelitian adalah di PT. Sandang Anggun Moratex yang beralamat di Kalurahan Langenharjo Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Jenis dan Sumber Data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara (Interview) dan metode kepustakaan. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis interaksi melalui tiga unsur utama yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan tiga kegiatan ini menjamin penelitian ini mendapatkan hasil yang valid dari tambahan data-data yang terkumpul dengan didukung teori yang ada sehingga penelitian ini tidak menyimpang dari konsep yang telah ada.

 

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: 1. Dasar penetapan upah di PT. Sandang Anggun Moratex adalah adanya ketetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Sukoharjo yang telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Tengah sebesar Rp. 642.500,00, dan Perjanjian Kerja Bersama antara buruh dan perusahaan  No. 7/SAM/XII/2007 Pasal 3 tanggal 12 Desember 2007. 2. Besarnya upah yang diterima pekerja PT. Sandang Anggun Moratex Sukoharjo  berbeda-beda. Hal ini karena upah ditentukan oleh : a. Upah pokok; Jabatan Struktural;  Masa Kerja dan tunjangan  3. Pelaksanaan pemberian upah di PT. Sandang Anggun Moratex Sukoharjo telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan UMK Kabupaten Sukoharjo dan Kesepakatan Kerja Bersama No. 7/SAM/XII/2007 Pasal 3, tanggal 12 Desember 2007 antara Serikat Buruh dengan PT. Sandang Anggun Moratex. Adapun ketentuan UMK Sukoharjo adalah sebesar Rp. 642.500,00 per bulan. Pemberian upah minimal sebesar Rp. 650.000,00 untuk pekerja produksi/operator mesin dan Rp. 715.000,00 untuk pekerja staf/kantor. Saran yang diajukan adalah: 1. Hendaknya PT. Sandang Anggun Moratex dalam memberikan upah minimal, tidak hanya berdasarkan ketentuan Upah Minimal Kabupaten (UMK) dan Perjanjian Kerja Bersama, tetapi juga dengan memperhitungkan kemampuan kerja pekerja. 2. PT. Sandang Anggun Moratex hendaknya menaikkan besarnya uang masa kerja sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja. 3. PT. Sandang Anggun Moratex dalam pelaksanaan pengupahan supaya lebih memperhatikan kesejahteraan pekerja dengan melalui peran Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

 

Kembali 

Copyright © 2006