~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SUKOHARJO NOMOR 12 TAHUN 2003 TENTANG PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH ( Studi Kasus di BPKD Kabupaten Sukoharjo )(372)
ARIO KUSUMO KURNIAWAN(E1104016)
Hukum Tata Negara


ABSTRAK

 

 

Ario Kusumo Kurniawan, 2008. PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SUKOHARJO NOMOR 12 TAHUN 2003 TENTANG PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH.( Studi Kasus di BPKD Kabupaten Sukoharjo ). Fakultas Hukum UNS.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 12 Tahun 2003 tentang Pajak Reklame dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan hambatan yang timbul dalam pelaksanaan Peraturan Daerah tersebut serta bagaimana cara mengatasinya.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum empiris yang besifat deskriptif. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data utama yang diperoleh langsung dari sumber pertama yang berhubungan dengan obyek penelitian dalam hal ini data primer yang digunakan penulis adalah hasil wawancara dengan Bambang Siswanto(Kepala Sub Bidang Pajak Reklame BPKD Kabupaten Sukoharjo). Sedangkan data sekunder digunakan untuk mendukung dan melengkapi data primer. Penulis menggunakan teknik analisis data dengan model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut, bahwa pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 12 Tahun 2003 tentang Pajak Reklame sudah cukup efektif dalam upaya meningkatan Pendapatan Asli Daerah karena menurut laporan rekapitulasi target dan realisasi diatas menunjukkan bahwa realisasinya melebihi dari target yang diharapkan. Kurangnya partisipasi masyarakat, personil, sarana dan prasarana dan anggaran merupakan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2003 tentang Pajak Reklame dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

 

 

Kembali 

Copyright © 2006