~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

ANALISIS PUTUSAN HAKIM TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR DI PENGADILAN NEGERI KARANGANYAR (132)
(E 0001229)
Hukum Pidana


ABSTRAK

 

SRI MANU HENDRAYANA, E 0001229 ANALISIS PUTUSAN HAKIM TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR DI PENGADILAN NEGERI KARANGANYAR. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta, Penulisan Hukum. 2006.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dasar pertimbangan Hakim Pengadilan Negeri Karanganyar dalam memutus perkara tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian sosiologis normatif dengan metode penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Karanganyar. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dari sumber data dengan menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan yang berupa wawancara. Tehnik analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif model interaktif, dimana data yang terkumpul akan dianalisa melalui tiga tahap yaitu mereduksi data, meyajikan data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa dasar pertimbangan Hakim Pengadilan Negeri Karanganyar dalam memutus perkara tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur, hakim sebelum memberikan putusan pidana terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap terdakwa, para saksi dan juga alat bukti di depan persidangan. Sehingga dapat dihasilkan sebuah putusan yang sangat memenuhi rasa keadilan. Dan setelah semuanya benar-benar jelas, maka hakim akhirnya menjatuhkan putusan pidana terhadap terdakwa, dan putusan tersebut harus memenuhi nilai keadilan bagi korban maupun terdakwa.

Kembali 

Copyright © 2006