~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

ANALISIS KEDUDUKAN SERIKAT PEKERJA PERKEBUNAN SEBAGAI WADAH YANG MELINDUNGI PEKERJA DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII KEBUN NGRANGKAH PAWON KEDIRI, (128)
(E. 1101033)
Hukum Administrasi Negara


ABSTRAK

 

 

 

Himawan Agung Hartanto, NIM. E. 1101033, ANALISIS KEDUDUKAN SERIKAT PEKERJA PERKEBUNAN SEBAGAI WADAH YANG MELINDUNGI PEKERJA DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII KEBUN NGRANGKAH PAWON KEDIRI, Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta, Penulisan Hukum (Skripsi), 2007.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedudukan Serikat Pekerja Perkebunan di PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Ngrangjah Pawon Kediri dan untuk mengetahui peranan Serikat Pekerja Perkebunan di PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Ngrangkah Pawon Kediri terhadap perlindungan pekerja.

 

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dan sumber data yang dipergunakan data primer serta data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui kepustakaan, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

 

Serikat Pekerja Perkebunan di PT Perkebunan Nusantara XII berdiri sejak tanggal 13 Maret 1999. SPBun ini telah terdaftar di Kantor Wilayah Departemen Tenaga Kerja Jawa Timur Nomor: 17/OP.SP.A.011.N.85-SP-BUN.PTPN.XII/DTF/XIII/VI/1999 tanggal 17 Juni 1999 dan pencatatan pada Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Pemerintah Kota Surabaya Nomor : 000/6358/402.4.14/2003 tanggal 10 Oktober 2003. Hal ini sudah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 21 Tahun 2000  pasal 18. Peranan Serikat Pekerja Perkebunan di PT Perkebunan Nusantara XII Kebun Ngrangkah Pawon Kediri terhadap perlindungan pekerja antara lain: sebagai mediator antara pekerja dan pengusaha, sebagai salah satu pihak dalam pembuatan Perjanjian Kerja Bersama dan memperjuangkan hak dan kepentingan pekerja

           

Kembali 

Copyright © 2006