~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

TINJAUAN YURIDIS PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH MELALUI INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM E-PROCUREMENT (122)
(E 0002073)
Hukum Administrasi Negara


ABSTRAK

 

 

ANDY RACHMAN, E 0002073, TINJAUAN YURIDIS PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH MELALUI INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM E-PROCUREMENT. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta Penulisan Hukum ( skripsi ). 2007.

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui legalitas dari pengadaan barang/jasa pemerintah dengan menggunakan sistem e-procurement dan untuk mengetahui prosedur penggunaan sistem e-procurement dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Penelitian ini merupakan penelitian normatif, yakni penelitian yang mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai norma atau kaidah yang berlaku dalam masyarakat, dan menjadi acuan perilaku setiap orang. Penelitian yang peneliti lakukan adalah termasuk penelitian deskriptif yakni penelitian hukum yang bersifat pemaparan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi) lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku dengan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang dipertentangkan dengan kuantitatif atau dengan kata lain pendekatan yang menghasilkan data deskriptif yaitu apa yang dinyatakan secara tertulis dengan tanpa menggunakan perhitungan atau angka atau kuantitas yang dilakukan pada metode pendekatan kuantitatif. Dalam mendukung penelitian ini peneliti menggunakan data sekunder yakni data yang diperoleh  secara tidak langsung dari sumbernya, melainkan dari studi pustaka (bibliography study), dokumen (document study), dan studi arsip (file or record study). Pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui kegiatan studi pustaka. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif dengan model interaktif, yaitu komponen reduksi data dan sajian data dilakukan bersama dengan pengumpulan data kemudian setelah data terkumpul, maka tiga komponen tersebut berinteraksi, dan bila kesimpulan dirasa kurang kuat maka perlu ada verifikasi dan peneliti kembali mengumpulkan data.

Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa pengadaan barang/jasa dengan sistem e-procurement adalah legal dengan berdasar pada teori Stufenbau Des Rechts yang dikemukakan oleh Hans Kelsen. Prosedur pengadaan barang/jasa dengan sistem e-procurement dilakukan dengan terlebih dahulu mengakses halaman internet (web page) dengan alamat panitia pengadaan, kemudian penyedia jasa sebagai peserta pengadaan barang/jasa dengan sistem e-procurement akan mendapatkan user id and password yang digunakan untuk mengikuti proses selanjutnya dari pengadaan barang/jasa pemerintah, setelah mendapatkan user id and password berikutnya adalah mengikuti tahap-tahap dari prosedur pengadaan barang/jasa yang telah ditentukan oleh panitia sebagaimana tahap-tahap dalam prosedur pengadaan barang/jasa yang diatur dalam Keppres Nomor 80 Tahun 2003 namun pelaksanaan dari tahap-tahap dalam prosedur tersebut dilakukan melalui internet dengan sistem e-procurement.

Implikasi teoritis penelitian ini adalah adanya perkembangan dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah yakni dengan menggunakan sistem e-procurement, sedangkan implikasi praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai petunjuk dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah dengan menggunakan sistem e-procurement.

Kembali 

Copyright © 2006