~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PERTIMBANGAN HAKIM PENGADILAN AGAMA DALAM MEMBERIKAN DISPENSASI TERHADAP PERKAWINAN DI BAWAH UMUR (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Kabupaten Sukoharjo), (121)
(E. 1103047)
Hukum Acara


ABSTRAK.

 

DESI DIYAH ARIS SRI WULANDARI, E. 1103047, dengan Penulisan Hukum berjudul : PERTIMBANGAN HAKIM PENGADILAN AGAMA DALAM MEMBERIKAN DISPENSASI TERHADAP PERKAWINAN DI BAWAH UMUR (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Kabupaten Sukoharjo), Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2007.

Penelitian ini dilatar belakangi adanya pelaksanaan perkawinan di bawah umur yang tidak sesuai dengan syarat perkawinan. maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim Pengadilan Agama dalam memberikan dispensasi terhadap perkawinan di bawah umur. Dan untuk mengetahui apakah dispensasi yang  diberikan Pengadilan Agama tersebut dapat digunakan sebagai syarat sahnya perkawinan.

Dalam penulisan hukum ini, penulis menggunakan metode penelitian empiris yang bersifat diskriptif,. Penulis mengumpulkan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Kemudian menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data dan penyajian data yang dilakukan secara bersamaan.

Berdasarkan penelitian dan analisis data diperoleh hasil bahwa pertimbangan hakim pengadilan agama dalam memberikan dispensasi terhadap perkawinan di bawah umur adalah untuk  menghindari terjadinya pebuatan-perbuatan yang dilarang oleh  agama dan peraturan hukum  yang berlaku dan adanya pertimbangan dalam membatu untuk tujuan kemaslahatan dalam pelaksanaan perkawinan tersebut, sehingga diharapakan dapat tercapai tujuan perkawinan yaitu membentuk keluarga yang sejahtera. Pada dasarnya dispensasi perkawinan di bawah umur bukan merupakan syarat sahnya perkawinan secara mutlak, tetapi dispensasi perkawinan di bawah umur merupakan syarat sahnya perkawinan bagi calon mempelai yang tidak sesuai dengan ketentuan  Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 atau belum cukup umur sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang.

.

Kembali 

Copyright © 2006