~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENGAJUAN PENINJAUAN KEMBALI OLEH PENUNTUT UMUM DALAM PERKARA PEMBUNUHAN MUNIR (355)
(E. 0004128)
Hukum Acara


ABSTRAK

 

 

Dhastine Evelina, E0004128, TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENGAJUAN PENINJAUAN KEMBALI OLEH PENUNTUT UMUM DALAM PERKARA PEMBUNUHAN MUNIR, Penulisan Hukum ( SKRIPSI ), Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2007.

 

Tujuan dari penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui dasar pertimbangan pengajuan Peninjauan Kembali oleh penuntut umum dalam perkara pembunuhan Munir dan dasar hukum yang memberikan hak kepada penuntut umum untuk mengajukan Peninjauan Kembali.

Penelitian ini termasuk kedalam penelitian hukum normatif. Pendekatan yang digunakan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis data yang dipergunakan ialah data sekunder yaitu data dari bahan pustaka yang antara lain meliputi: buku-buku, literatur, peraturan perundang-undangan, dokumen resmi, hasil penelitian yang berwujud laporan dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini.Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan cara content analysis ( analisis isi ) terhadap peraturan perundang-undangan mengenai Peninjauan Kembali yang sesuai dengan permasalahan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntut umum dalam mengajukan Peninjauan Kembali didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang sifatnya memperluas isi dari KUHAP dan berdasarkan pada yurisprudensi Mahkamah Agung pada kasus sebelumnya yang telah mengabulkan permintaan Peninjauan Kembali yang diajukan oleh penuntut umum. Dalam hal ini penuntut umum lebih merujuk pada Pasal 263 ayat (1) KUHAP yang ditafsirkan secara berbeda oleh penuntut umum.

Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan kepada pihak yang berkepentingan khususnya lembaga legislatif agar dapat membuat peraturan perundang-undangan yang sifatnya pasti sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda seperti yang terjadi saat ini dalam pengajuan Peninjauan Kembali oleh penuntut umum.

 

Kembali 

Copyright © 2006