~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

TINJAUAN YURIDIS IMPLEMENTASI PEMIDANAAN TERHADAP TINDAK PIDANA ABORSI OLEH PARAMEDIS ( STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI KARANGANYAR) (264)(ga ada)
(E 1103031)
Hukum Pidana


ABSTRAK

 

 

Arum Fadhilah, 2008. TINJAUAN YURIDIS IMPLEMENTASI PEMIDANAAN TERHADAP TINDAK PIDANA ABORSI OLEH PARAMEDIS (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI KARANGANYAR). Fakultas Hukum UNS.

 

Penelitian ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai dasar hukum yag dapat digunakan oleh Hakim untuk menjatuhkan pidana terhadap tindak pidana aborsi yang dilakukan oleh paramedis dan hambatan yang dihadapi oleh Hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap tindak pidana aborsi oleh paramedis.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini adalah  data sekunder, karena dalam penelitian ini mengkaji data pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi dokumen yaitu dengan mempelajari, menghimpun,dan menganalisa untuk mencari data-data dari bahan-bahan tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik content analysis (analisis isi), yaitu metode untuk menganalisa isi segala bentuk komunikasi dengan mereduksi seluruh isi komunikasi menjadi serangkaian kategori yang mewakili hal-hal yang ingin diteliti. Setelah analisis data selesai, maka hasilnya akan disajikan secara deskriptif yaitu dengan jalan menuturkan dan menggambarkan apa adanya sesuai dengan permasalahan yang diteliti dan data yang diperoleh.

Dalam menjatuhkan putusan Hakim menggunakan asas lex spesialis derograt lexi generalis yaitu hukum khusus mengalahkan hukum umum, sehingga dasar hukum yang dipakai Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap tindak pidana aborsi yang dilakukan oleh paramedis di Pengadilan Negeri Karanganyar adalah Pasal 80 ayat (1) Undang-undang No. 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan. Tidak terdapat  hambatan bagi Hakim Pengadilan Negeri Karanganyar dalam menjatuhkan putusan terhadap  tindak pidana aborsi oleh Paramedis, karena Terdakwa bekerja sebagai perawat di sebuah klinik swasta. Sehingga jika Majelis Hakim Pengadilan Negeri Karanganyar menggunakan Pasal 80 ayat (1) Undang-undang No.23 tahun 1992 Tentang Kesehatan sebagai dasar hukum dalam menjatuhkan putusan pemidanaan terhadap tindak pidana aborsi oleh paramedis, Hakim telah memenuhi asas lex spesialis derograt lexi generalis.

 

Kembali 

Copyright © 2006