~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2004 TENTANG KOMISI YUDISIAL MENGENAI MEKANISME PEREKRUTAN HAKIM AGUNG OLEH KOMISI YUDISIAL (102)
(E 0002113)
Hukum Tata Negara


ABSTRAK

 

DWI WIJONARKO , E 0002113, IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2004 TENTANG KOMISI YUDISIAL MENGENAI MEKANISME PEREKRUTAN HAKIM  AGUNG OLEH KOMISI YUDISIAL, Penulisan Hukum (Skripsi), Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, 2007.

Penulisan hukum ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui mekanisme perekrutan hakim agung oleh Komisi Yudisial dan hambatan-hambatan yang dialami oleh Komisi Yudisial dalam perekrutan hakim agung.

Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sumber data primer diperoleh dari wawancara terhadap nara sumber, hasil observasi, responden, informan dan kuesioner sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari peraturan perundang-undangan, buku-buku, literatur, makalah, internet yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap nara sumber dan studi pustaka yaitu membaca, mengkaji dan mempelajari peraturan perundang-undangan, buku-buku literatur, makalah dan lain sebagainya. Teknik analisis yang dipergunakan oleh penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif.

Setelah menganalisis data yang diperoleh, hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa proses mekanisme perekrutan yang dilakukan oleh Komisi Yudisial berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2004 telah dilakukan secara terbuka dan juga melibatkan unsur-unsur pemerintah, Mahkamah Agung, dan masyarakat untuk mencalonkan diri sebagai calon hakim agung yang nantinya akan direkrut oleh Komisi Yudisial.

Kembali 

Copyright © 2006