~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMERIKSAAN TINDAK PIDANA KEPEMILIKAN SENJATA API ILEGAL DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA (46)
(E 0003269)
Hukum Pidana


ABSTRAK

 

RAHADIAN SURYO PRABOWO, E 0003269, STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMERIKSAAN TINDAK PIDANA KEPEMILIKAN SENJATA API ILEGAL DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Hukum (Skripsi). 2007.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemeriksaan tindak pidana kepemilikan senjata api ilegal dan pertimbangan hakim dalam penjatuhan pidana kepemilikan senjata api ilegal.

            Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan jika dilihat dari tujuannya termasuk dalam penelitian hukum empiris, dengan pendekatan kualitatif. Lokasi Penelitian di Pengadilan Negeri Surakarta. Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah melalui wawancara dan melalui studi kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen seperti berkas perkara, dan sebagainya. Analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif dan mempergunakan model analisis interaktif.

            Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pemeriksaan tindak pidana kepemilikan senjata api ilegal menggunakan acara pemeriksaan biasa, yang sesuai dengan Pasal 152 sampai dengan Pasal 184 ayat (1) KUHAP.Pemeriksaan dimulai dengan dibukanya sidang oleh Hakim Ketua, sidang dinyatakan terbuka untuk umum. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum, pelaksanaan pembuktian, pembacaan tuntutan pidana, dan akhirnya pembacaan putusan Majelis Hakim. Dalam menjatuhkan putusan, Majelis Hakim mempunyai pertimbangan-pertimbangan, yang mempengaruhi putusan yaitu dikemukakan dalam hal-hal yang memberatkan dan hal-hal yang meringankan bagi terdakwa.

            Implikasi teoritis penelitian ini adalah pemahaman mengenai pelaksanaan pemeriksaan tindak pidana kepemilikan senjata api ilegal dengan acara pemeriksaan perkara biasa, dan pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan, sedangkan implikasi praktisnya adalah penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan pelaksanaan pemeriksaan tindak pidana kepemilikan senjata api ilegal.

Kembali 

Copyright © 2006