~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN OLEH PEGAWAI PENGAWAS KETENAGAKERJAAN TERHADAP PRAKTEK OUTSOURCING DI SURAKARTA (STUDI DI DINAS TENAGA KERJA SURAKARTA) (200)
(E 0003191)
Hukum Acara


ABSTRAK

 

 

IKA ADI PERMANA. E 0003191, PELAKSANAAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN OLEH PEGAWAI PENGAWAS KETENAGAKERJAAN TERHADAP PRAKTEK OUTSOURCING DI KOTA SURAKARTA (STUDI DI DINAS TENAGA KERJA KOTA SURAKARTA). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Hukum (Skripsi). 2007.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengawasan ketenagakerjaan norma kerja dan kesehatan dan keselamatan kerja yang dilakukan oleh pegawai pengawas ketenagakerjaan terhadap pelaksanaan praktek outsourcing yang terjadi di Kota Surakarta, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang seyogyanya ada dalam pelaksanaan pengawasan ketenagakerjaan sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam pengawasan ketenagakerjaan yaitu terlaksananya peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan dengan baik akan dapat tercapai di masa yang akan datang.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari jenisnya termasuk penelitian hukum empiris. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yang terdiri dari data primer yang didapatkan secara langsung dari subyek penelitian yaitu pegawai pengawas tenaga kerja dan data sekunder yang dibagi menjadi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder serta bahan hukum tersier atau penunjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara,penulis melakukan wawancara secara langsung  kepada informan atau nara sumber yang berkompeten dengan penelitian ini dan teknik pengumpulan data yang lain adalah dengan studi kepustakaan, kegiatan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan (dokumentasi) data sekunder. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pengawasan terhadap praktek outsourcing di Kota Surakarta sudah berjalan dengan cukup baik karena pengawasan yang dilakukan telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Akan tetapi pengawasan yang dilakukan oleh pegawai pengawas ketenagakerjaan belum dapat berjalan optimal, hal ini dapat dilihat dalam hasil penelitian bahwa pelaksanaan pengawasan ketenagakerjaan yang   dilakukan dalam mengawasi jalannya suatu praktek outsourcing terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya.

Implikasi teoritis penulisan ini adalah memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu hukum khususnya dalam pengawasan pelaksanaan sistem outsourcing. Implikasi praktis dari penulisan ini adalah bahwa dengan penulisan ini diharapkan akan mempermudah pegawai pengawas ketenagakerjaan dalam melaksanakan perannya secara sistematis dan konsisten. Disamping itu dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan penyempurnaan terhadap Peraturan Perundang-Undangan Ketenagakerjaan di masa yang akan  datang.

 

Kembali 

Copyright © 2006