~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

. PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR OLEH INDUSTRI PADA SUNGAI PROGRAM KALI BERSIH (PROKASIH) DI KABUPATEN KARANGANYAR (45)
(E.0004248)
Hukum Administrasi Negara


ABSTRAK

 

Puspa Dewi Paramita, 2007. PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR OLEH INDUSTRI PADA SUNGAI PROGRAM KALI BERSIH (PROKASIH) DI KABUPATEN KARANGANYAR. Fakultas Hukum UNS.

            Penelitian ini mengkaji dan menjawab pertanyaan mengenai pelaksanaan kebijakan pengendalian pencemaran air melalui Program Kali Bersih (PROKASIH), bentuk kelembagaan dari pelaksana program, pengawasan dan pemantauan dari pihak yang berwenang yaitu Dinas Lingkungan Hidup, serta tingkat penaatan industri-industri terkait yang membuang limbahnya ke sungai-sungai yang ditetapkan ke dalam sungai PROKASIH.

            Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum empirik yang bersifat deskriptif  yang mengambil lokasi di Kabupaten Karanganyar. Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer yang berupa data hasil wawancara dengan nara sumber. Data dikumpulkan dengan tehnik wawancara terstruktur (interview guide) dan dilakukan secara mendalam (in-depth interviewing). Untuk mengumpulkan data sekunder digunakan tehnik mencatat dokumen. Tehnik analisis yang digunakan bersifat kualitatif dengan menggunakan model analisis data interaktif (interactive model of analisys).

            Setelah dilakukan analisisis diperoleh kesimpulan bahwa dasar kebijakan pengendalian pencemaran air pada sungai PROKASIH menggunakan peraturan yang berasal dari pusat yang didasarkan pada Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No: 35/MENLH/7/1995 tentang Program Kali Bersih dan juga berasal dari produk hukum daerah dalam bentuk Keputusan Bupati dan Peraturan Bupati yang mengatur kelembagaan dan tata kerja tim yang mendukung PROKASIH di Kabupaten Karanganyar. Pemerintah Kabupaten Karanganyar telah mengimplementsikan isi kebijakan dalam program dan tindakan maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh instansi ataupun birokrasi yang diserahi tugas dan wewenang melaksanakan kebijakan PROKASIH, dengan membentuk beberapa tim seperti Tim Teknis PROKASIH, Tim Pengawas dan Pemeriksaan Lingkungan Hidup, Tim Pengkaji dan Peneliti Pemberian Rekomendasi ijin Pembuangan Limbah Cair ke Perairan Umum, Tim Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Karanganyar, tetapi hasil evaluasi menunjukkan bahwa implementasi tersebut belum mencapai tujuan kebijakan yang diinginkan yaitu kualitas air sungai yang tidak tercemar. Kegagalan pencapaian tujuan kebijakan ini disebabkan masih rendahnya kesadaran hukum pelaku usaha atau industri dalam penaatan persyaratan lingkungan berupa pemenuhan baku mutu air limbah yang dibuang ke perairan umum dan disebabkan pula oleh lemahnya penegakan hukum berupa penjatuhan sanksi yang kurang tegas.

Kembali 

Copyright © 2006