~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN DOKUMEN AMDAL SEBAGAI PEDOMAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN PENAATAN PERSYARATAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Kasus Di Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar) (197)
ARNINDA PRATIWI(E0004102)
Hukum Administrasi Negara


ABSTRAK

 

ARNINDA PRATIWI, E.0004102, “PELAKSANAAN DOKUMEN AMDAL SEBAGAI PEDOMAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAN PENAATAN PERSYARATAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Kasus Di Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar)”. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.Penulisan Hukum (Skripsi). 2007

Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui arahan dan pelaksanaan Dokumen AMDAL serta pemantauan terhadap pelaksanaan AMDAL pada Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar dalam rangka sebagai pedoman pengelolaan lingkungan dan penaatan persyaratan lingkungan hidup berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris atau nondoktrinal dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di Pabrik Gula Tasikmadu Karanganyar. Jenis data yang digunakan meliputi data primer berupa hasil observasi dan wawancara tak terstruktur serta data sekunder yang didapat dari peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan pustaka lainnya. Teknik pengumpulan data meliputi penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Metode analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pabrik Gula Tasikmadu telah melaksanakan Dokumen AMDAL dengan adanya Studi Evaluasi Dampak Lingkungan (SEMDAL) yang mengacu pada beberapa peraturan perundang-undangan dan disetujui  oleh Komisi Pusat AMDAL Departemen Pertanian dengan Nomor 414/AMDAL/XI/92 yang dilaksanakan pada tahun anggaran 1992/1993. Dokumen tersebut belum diperbaharui sesuai dengan ketentuan UU No. 23 tahun 1997 dan PP No. 27 tahun 1999 tentang AMDAL.

Arahan kajian dampak lingkungan terhadap pengelolaan AMDAL ditekankan pada komponen lingkungan yang benar-benar mendapat tekanan dampak akibat kegiatan proyek Pabrik Gula Tasikmadu. Sedangkan pelaksanaan AMDAL dilakukan dengan pengelolaan lingkungan dan penanganan terhadap dampak besar dan penting antara lain meliputi cemaran udara, cemaran limbah, erosi tanah, hama dan penyakit tanaman serta keluhan dan keresahan sosial. Pemantauan terhadap pelaksanaan AMDAL ditekankan pada sumber-sumber dampak dan pada komponen lingkungan yang terkena dampak. Hasil pemantauan terhadap kualitas udara emisi dan lingkungan ambient menunjukkan masih di bawah baku mutu yang diisyaratkan, sedangkan pemantauan terhadap kualitas air limbah Pabrik Gula Tasikmadu pada Bulan Juli 2007 menunjukkan bahwa parameter yang tidak memenuhi syarat standar baku mutu adalah BOD dan COD.

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan informasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan penyusunan dan pelaksanaan AMDAL sebagai pedoman pengelolaan lingkungan dan penaatan persyaratan lingkungan hidup.

 

 

Kembali 

Copyright © 2006