~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN PELEBARAN JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN JAKARTA UTARA (194)
MALIKHAH ROSDIYATI(E0004211)
Hukum Administrasi Negara


ABSTRAK

 

MALIKHAH ROSDIYATI, E0004211, ”PELAKSANAAN PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN PELEBARAN JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN JAKARTA UTARA”, Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Penulisan Hukum (skripsi), 2007.

 

Tujuan dari penulisan hukum (skripsi) ini adalah untuk mengetahui apakah proses pengadaan tanah yang dilakukan dalam pembangunan pelebaran Jalan Perintis Kemerdekann Jakarta Utara telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2005 tentang Pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dalam pelaksanaan pengadaan tanah bagi pembangunan pelebaran Jalan Perintis Kemerdekaan Jakarta Utara.

 

Bahwasanya pembangunan fasilitas umum merupakan salah satu wujud pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat. Pembangunan di berbagai bidang dan aspek kehidupan demi terselenggaranya kehidupan yang modern menjadi cita-cita di setiap wilayah khususnya di Ibu Kota. Pelaksanaan pembangunan kadang kala membutuhkan lahan masyarakat demi kepentingan umum. Hal ini juga terjadi dalam pembangunan pelebaran Jalan Perintis Kemerdekaan Jakarta Utara. Mengingat hal tersebut maka penulis bermaksud untuk mengetahui lebih dalam tentang pengadaan tanah yang diperuntukan demi kepentingan umum khususnya pembangunan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Dalam rangka memperoleh hasil yang diharapkan, penelitian, jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penulisan ini adalah penelitian tentang implementasi aturan hukum dalam kegiatan masyarakat, sehingga penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tertier. Apabila dilihat dari sifat dan pendekatannya maka termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk memberikan data yang seteliti mungkin, sistematis dan menyeluruh mengenai pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan pelebaran Jalan Perintis Kemerdekaan Jakarta Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara studi kepustakaan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa proses pengadaan tanah yang dilakukan dalam pembangunan Jalan Perintis Kemerdekaan Jakarta Utara yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2005 tentang Pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum. Dengan demikian apa yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta mengedepankan adanya suatu kepastian hukum serta faktor yang menghambat dalam pelaksanaan pengadaan tanah dalam pembangunan pelebaran Jalan Perintis Kemerdekaan Jakarta Utara tidak hanya dipengaruhi oleh satu sebab atau satu faktor saja akan tetapi dipengaruhi oleh beberapa faktor di dalamnya antara lain dari faktor aturan, faktor petugas dan faktor masyarakat itu sendiri. .

Dari penelitian tersebut diharapkan dalam pembentukan suatu peraturan perundang-undangan hendaknya dibarengi dengan pemberian penyuluhan/ sosialisasi mengenai perundang-undangan tersebut sehingga nantinya peraturan yang terbentuk tersebut dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya ketidakpahaman mengenai peraturan tersebut serta mencantumkan segala hal yang akan terkait nantinya sehingga tidak hanya mengatur hal-hal secara umum saja yang menyebabkan dalam penegakkannya masih harus dilakukan penafsiran secara lebih luas lagi.     

Kembali 

Copyright © 2006