~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

KAJIAN YURIDIS IMPLEMENTASI KUHP TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI (STUDI KASUS CARDING DI PENGADILAN NEGERI SLEMAN YOGYAKARTA)(191)
(E 1103193)
Hukum Pidana


ABSTRAK

 

YUSTINUS ARYA ARTHESWARA, E 1103193, KAJIAN YURIDIS IMPLEMENTASI KUHP TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI (STUDI KASUS CARDING DI PENGADILAN NEGERI SLEMAN YOGYAKARTA), FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS SEBELAS MARET, SURAKARTA, 2007.

 

Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi KUHP terhadap tindak pidana carding yang terjadi di Pengadilan Negeri Sleman Yogyakarta. Disamping itu juga untuk mengetahui kendala-kendala dalam implementasi KUHP terhadap tindak pidana carding di Pengadilan Negeri Sleman Yogyakarta. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk memenuhi syarat yang ditentukan dalam rangka meraih gelar sarjana pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan studi dokumen terhadap Surat Putusan Pengadilan Negeri Sleman No: 94/Pid.B/2002/PN.SLMN. Dari semua data yang terkumpul kemudian dianalisis secara Kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa Terhadap tindak pidana carding dengan terdakwa Petrus Pangkur, Jaksa Penuntut Umum mengajukan dakwaan ke satu Pasal 363 ayat (1) ke-5 KUHP dan dakwaan kedua Pasal 378 KUHP. Terdakwa Petrus Pangkur dipidana selama 1 tahun 3 bulan, karena telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan dalam dakwaan ke dua. Dakwaan ke satu tidak terbukti secara sah dan meyakinan karena dakwaan ke satu Penuntut Umum tidak dapat memenuhi unsur mengambil.

 

Kendala dalam implementasi KUHP terhadap tindak pidana carding adalah karena terbatasnya kemampuan penegak hukum dibidang teknologi informasi ketika menafsirkan rumusan KUHP terhadap tindak pidana carding. Dan untuk dapat mengumpulkan bukti-bukti yang cukup agar dapat diajukan di persidangan butuh proses dan waktu yang lama, mengingat carding yang dilakukan terdakwa adalah tindak pidana trans-nasional yang korbannya adalah warga negara Amerika Serikat.

 

 

Kembali 

Copyright © 2006