~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

Korelasi Pidana Bersyarat dengan tujuan Pemidanaan Yang Integratif ( Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Surakarta ) Fakultas Hukum UNS Penulisan Hukum m (39)
(E 0002084)
Hukum Pidana


ABSTRAKSI

 

ARIS SETIYONO; E 0002084, Korelasi Pidana Bersyarat dengan tujuan Pemidanaan Yang Integratif ( Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Surakarta ) Fakultas Hukum UNS Penulisan Hukum (Skripsi 2007).

Penelitian ini Bertujuan  untuk mengetahui Korelasi pidana bersyarat dengan tujuan pemidanaan yang intergratif dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Surakarta dan mengetahui kendala-kendala yang di hadapi Hakim Pengadilan Negeri Surakarta dalam penjatuhan putusan pidana bersyarat.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat empiris lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Surakarta. Jenis data yang dipergunakan yaitu wawancara, penelitian kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen, dan sebagainya. Analisis data mengunakan analisis data kualitatif dan model interaktif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa korelasi pidana bersyarat dengan tujuan pemidanaan yang integratif, didalam pelaksanaan pidana bersyarat, kita dapat melihat kurangnya daya kerja dari pidana bersyarat khususnya yang bersifat Prevensi specialis serta sistem pengawasan dan pembinaannya. Di dalam pelaksanaan pidana bersyarat seseorang akan dikembalikan kedalam masyarakat sehingga mereka dapat menjalani kehidupan seperti biasanya, di mana pengawasan dan pembinaan terhadapnya sering kali tidak dilakukandengan baik, dan hanya bersifat fakultatif, dengan tidak adanya pedoman tentang ukuran-ukuran di dalam penjatuhan pidana bersyarat sehingga korelasi pidana bersyarat dengan tujuan pemidanaan yang integratif tidak terlihat jelas. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh Hakim Pengadilan Negeri Surakarta dalam menjatuhkan pidana bersyarat ini tidak di temui kendala-kendala, namun dalam pelaksanaan pidana bersyarat tentunya ada hambatan/kendala yang di hadapi oleh LAPAS sendiri.

Implikasi teoritis penelitian adalah kurang tercapainya tujuan pemidnaan yang integratif dalam penjatuhan pidana bersyarat khususnya prevensi special. Sedangkan implikasi praktis adalah hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembangan hukum secara umum dan hukum pidana pada khususnya.                                 

 

Kembali 

Copyright © 2006