~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 1999 DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2004 BERKAITAN DENGAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH (184)
(E 1103088)
Hukum Tata Negara


ABSTRAK

 

ISKANAWATI E 1103088. ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 1999 DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2004 BERKAITAN DENGAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH . Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2007.

Penulisan Hukum (skripsi) ini dilatarbelakangi oleh adanya pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara tidak langsung dan secara langsung di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa sajakah persamaan dan juga perbedaan dari pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, serta kelebihan dan kekurangan dari pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah menurut kedua Undang-Undang tersebut.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau bahan sekunder belaka. Penelitian ini menggunakan content analysis (analisis isi) agar dapat mengupas isi dari pasal-pasal dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 khususnya ketentuan yang mengatur mengeni pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara tidak langsung dan secara langsung. Untuk tehnik pengumpulan data, penulis menggunakan studi kepustakaan. Dimana bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang sudah jadi atau siap terbuat (ready to make) oleh peneliti-peneliti terdahulu. Yang menjadi bahan hukum primer adalah Undang-Undang Dasar 1945.

Undang-Undang Dasar 1945 akan dijadikan tolak ukur dalam melakukan analisis yuridis tentang pemilihan kepala daerah secara tidak langsung dan langsung. Perubahan pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah dari tidak langsung menjadi secara langsung adalah agar asas demokrasi dapat berjalan dengan baik.

 

Kembali 

Copyright © 2006