~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

KOMPARASI PELAKSANAAN PEMBELIAN MOBIL MELALUI PEMBIAYAAN KONSUMEN DENGAN AL-MURABAHAH (PENELITIAN EMPIRIK DI PT. ARMADA FINANCE DAN PT. BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG SURAKARTA) (173)
MULIA DEWI(E0004227)
Hukum dan Masyarakat


ABSTRAK

 

MULIA DEWI, NIM E.0004227, Penulisan hukum (skripsi) dengan judul ôKomparasi Pelaksanaan Pembelian Mobil Melalui Pembiayaan Konsumen Dengan Al-murabahah (Penelitian Empirik di PT. Armada Finance dan PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Surakarta). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Hukum (skripsi) 2007.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelaksanaan, prosedur persyaratan, bentuk jaminan serta sanksi wanprestasi dalam pelaksanaan pembelian mobil melalui pembiayaan konsumen di PT. Armada Finance dan al-murabahah di PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Surakarta.

            Penelitian merupakan penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari Pimpinan beserta seluruh karyawan baik di PT. Armada Finance maupun PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Surakarta serta didukung dengan data sekunder yang berupa buku literatur, dokumen, catatan maupun laporan yang berkaitan dengan judul skripsi.Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan.. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif.

            Hasil dari penelitian empirik yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Bentuk pelaksanaan pembiayaan secara al-murabahah lebih mempermudah dan memberikan daya tarik bagi konsumen dibanding dengan pembiayaan konsumen. (2) Prosedur dan persyaratan dalam pembiayaan konsumen lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan menggunakan al-murabahah. (3) Bentuk jaminan dalam al-murabahah lebih bervariasi dibandingkan dengan pembiayaan konsumen, walaupun kepastian hukum jaminan fidusia yang digunakan dalam pembiayaan konsumen masih kurang. (4) Bentuk sanksi wanprestasi dalam pembiayaan konsumen sama dengan al-murabahah namun ada perbedaan dalam al-murabahah yang memberikan perlindungan lebih kepada bank syariah sebagai pengelola al-murabahah.

            Implikasi teoritis dari penelitian ini adalah adanya perubahan baik dalam pembiayaan konsumen yang dilakukan oleh PT. Armada Finance maupun al-murabahah di PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo Slamet Riyadi. Implikasi praktisnya adalah sebagai rujukan baik kepada PT. Armada Finance maupun PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Surakarta untuk memperbaiki operasional dari pembiayaan yang dilaksanakannya.

 


 

Kembali 

Copyright © 2006