~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

AKUNTABILITAS BIROKRASI PENERBITAN SURAT IJIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) MENUJU GOOD LOCAL GOVERNANCE DI KOTA SURAKARTA (169)
(E. 0003083)
Hukum Administrasi Negara


ABSTRAK

ANNA YULIANI. E. 0003083. AKUNTABILITAS BIROKRASI PENERBITAN SURAT IJIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) MENUJU GOOD LOCAL GOVERNANCE DI KOTA SURAKARTA. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Hukum (Skripsi). 2007.

Penulisan Hukum ini bertujuan mengetahui Akuntabilitas Birokrasi Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) menuju Good Local Governance di Kota Surakarta, Mekanisme Birokrasi Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan, dan faktor-faktor yang Mempengaruhi Akuntabilitas Birokrasi Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan di Kantor Unit Pelayanan Terpadu Kota Surakarta.

Penelitian Hukum ini merupakan Penelitian Hukum empiris bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara langsung dengan Koordinator Unit Pelayanan Terpadu ( UPT ) Kota Surakarta, studi kepustakaan berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, jurnal, dan sebagainya, untuk mendukung kelengkapan data. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap tiga permasalahan diketahui bahwa, Pertama, Akuntabilitas Birokrasi Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Kota Surakarta, berdasarkan Pasal 5 Peraturan Daerah Surakarta Nomor 9 Tahun 2003 tentang Ijin Usaha Industri, Ijin Usaha Perdagangan dan Tanda Daftar Gudang, diketahui tingkat kenaikan pemohon sebesar 58,1% berdampak cukup signifikan di sektor retribusi sebesar 53,3%. Hal ini menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pelayanan perijinan dan dapat meningkatkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Surakarta. Kedua, Mekanisme Birokrasi Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan dengan menggunakan sistem One Stop Service (OSS) sangat menguntungkan bagi pemohon dari segi efektifitas kesederhanaan pelayanan, waktu, biaya dan dapat memutus mata rantai timbulnya KKN dan bebas tirani birokrasi. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi Akuntabilitas Birokrasi Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan ( SIUP ) di Unit Pelayanan Terpadu Kota Surakarta, ada dua yaitu adanya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah keterbatasan sumber daya manusia aparat dan sarana operasional di lapangan, sedangkan faktor eksternal adalah kelengkapan dokumen pemohon, sikap kooperatif pemohon terhadap aparat, dan peran serta biro jasa.

 

 

Kembali 

Copyright © 2006