~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

IMPLEMENTASI PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP BERDASARKAN KAJIAN STUDI EVALUASI DAMPAK LINGKUNGAN DI RSUD BOYOLALI (26)
(E.1104028)
Hukum Administrasi Negara


ABSTRAK

 

DENY INDRAYANA. E.1104028. IMPLEMENTASI PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP BERDASARKAN KAJIAN STUDI EVALUASI DAMPAK LINGKUNGAN DI RSUD BOYOLALI. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Hukum ( Skripsi ). 2007

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal hal yang dijadikan rekomendasi dari kajian SEMDAL dan pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup menutut kajian SEMDAL di RSUD Boyolali.

            Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat diskriptif dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Rumah Sakit Umum Daerah Boyolali, pada bidang Penunjang Pelayanan, Sub. Bidang Penunjang Logistik dan Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi lapangan yaitu dengan metode wawancara tak terstruktur dan penelitian kepustakaan, selanjutnya dianalisis secara kualitataf dengan model interaktif.

            Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil : Dokumen Kajian Dampak Lingkungan yang ada di RSUD Boyolali adalah Studi Evaluasi Dampak Lingkungan ( SEMDAL ) yang masih mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 512 / MENKES / PER / X / 1990 tentang AMDAL Rumah Sakit, yang disusun  pada tanggal 21 Agustus 1993. dokumen tersebut dalam perkembangannya belum diperbaharui sesuai dengan ketentuan UU Nomor 23 Tahun 1997 dan PP Nomor : 27 Tahun 1999 tentang AMDAL.

            Pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan kajian evaluasi dampak lingkungan di RSUD Boyolali sesuai dengan dokumen tersebut, hasil pemantauan lingkungan hidup ditekankan pada sumber sumber dampak dan pada komponen lingkungan hidup yang terkena dampak, yakni pemantauan kualitas air dan air limbah, limbah yang mengacu pada Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 10 Tahun 2004 tentang baku mutu limbah cair Rumah Sakit,  udara dan aspek sosial bagi kesehatan masyarakat disekitas RSU.

            Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan / saran / informasi tentang hal hal yang dijadikan rekomendasi penyusunan AMDAL dan pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup pada Rumah Sakit.

Kembali 

Copyright © 2006