~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

ANALISIS YURIDIS EKSISTENSI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 PNPS TAHUN 1964 TENTANG TATA CARA PELAKSANAAN PIDANA MATI YANG DIJATUHKAN OLEH PENGADILAN DILINGKUNGAN PERADILAN UMUM DAN MILITER (95)
(E 1103064)
Hukum Acara


 

ABSTRAK

 

ENDAH ROSLIANA. E1103064. ANALISIS YURIDIS EKSISTENSI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 PNPS TAHUN 1964 TENTANG TATA CARA PELAKSANAAN PIDANA MATI YANG DIJATUHKAN OLEH PENGADILAN DILINGKUNGAN PERADILAN UMUM DAN MILITER” Penulisan Hukum (Skripsi), Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2007.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi pelaksanaan pidana mati di Indonesia berdasarkan Undang-undang Nomor 2 PNPS Tahun 1964 beserta hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya, dan eksistensi pelaksanaannya berdasarkan teori pemidanaan.

 

Penelitian ini merupakan penelitian normatif atau studi pustaka dengan menggunakan jenis data berupa data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan interaktif model, yaitu komponen reduksi data dan penyajian data yang dilakukan berama dengan pengumpulan data.  Setelah data terkumpul, maka ketiga komponen tersebut berinteraksi. Dan bila kesimpulan dirasa kurang maka perlu vertifikasi dan penelitian kembali pengumpulan data dilapangan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Undang-undang Nomor 2 PNPS Tahun 1964 adalah sudah tidak sesuai. Hal tersebut terbukti pada kasus posisi yang terjadi di Solo. Yaitu pada tindak pidana yang dilakukan oleh terpidana mati Karta Cahyadi. Dalam hal peleksanaan pidana mati di Indonesia masih bersifat abolisi defacto. Yaitu, selama masih ada lembaga banding, kasasi, peninjauan kembali dan grasi. Selain itu pelaksanaan pidana mati di Indonesia sedah tidak sesuai lagi dengan teori pemidanaan. Karena dalam pelaksanaannya banyak dijumpai penyimpangan-penyimpangan dari dasar dan tujuan semula dari pidana mati.

 

Kata kunci : Eksekusi, pidana mati

 

Kembali 

Copyright © 2006