~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN PENUNTUTAN TINDAK PIDANA LINGKUNGAN HIDUP OLEH KEJAKSAAN NEGERI KARANGANYAR (Studi Kasus Di Wilayah Kabupaten Karanganyar) (91)
(E 0003157)
Hukum Acara


ABSTRAK

 

 

EKSAN PARSUDI KISWIYANTO. E 0003157, PELAKSANAAN PENUNTUTAN TINDAK PIDANA LINGKUNGAN HIDUP OLEH KEJAKSAAN NEGERI KARANGANYAR(Studi Kasus Di Wilayah Kabupaten Karanganyar). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Hukum (Skripsi). 2007.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penuntutan tindak pidana lingkungan hidup oleh Kejaksaan Negeri Karanganyar di wilayah hukum Pengadilan Negeri Karanganyar dan juga bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi Kejaksaan Negeri Karanganyar dalam pelaksanaan penuntutan tindak pidana lingkungan hidup yang seyogyanya dicari solusi pemecahannya.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriftif dan apabila dilihat dari jenisnya termasuk penelitian hukum Fact Finding Jenis data yang digunakan adalah data primer seperti observasi serta wawancara dan data sekunder, yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder serta bahan hukum tersier atau penunjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui studi lapangan dan studi kepustakaan, kegiatan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data dilapangan dan pengumpulan (dokumentasi) data sekunder. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan interactif model of analysis (model analisis interaktif).

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan penuntutan tindak pidana lingkungan hidup oleh Kejaksaan Negeri Karanganyar sudah dapat dibilang berhasil. Di kabupaten Karanganyar banyak terjadi kasus lingkungan hidup yang sedang ditangani oleh pihak Kejaksaan. Semua kasus tersebut merupakan pelimpahan wewenang dari Kepolisian Daerah Jawa Tengah kepada Kejaksaan Negeri Karanganyar untuk dapat segera di usut penyelesaian kasus tersebut, karena dalam hal ini masuk ke dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Karanganyar. Dari sekian banyak kasus yang ditangani, penulis mengambil contoh kasus PT. Sawah Karunia Agung Textile Karanganyar.Kasus PT. Sawah Karunia Agung Textile Karanganyar, merupakan salah satu contoh kasus yang penuntutannya ditangani pihak Kejaksaan Negeri Karanganyar. Dari kasus penegakan hukumnya sudah dapat dikatakan lancar karena proses pembuktian perkara lengkap dan terdakwapun bersikap kooperatif. Dari setiap kasus pastilah ada problematika yang harus dihadapi, dan dalam kasus lingkungan hidup permasalahn yang timbul hampir sama terutama mengenai anggaran dan tentang siapa yang bertanggung jawab terhadap pencemaran lingkungan

Implikasi teoritis penulisan ini adalah adanya perubahan terhadap permasalahan ligkungan hidup terutama tindakan dari aparat penegak hukum Implikasi praktis dari penulisan ini adalah bahwa masalah lingkungan hidup jauh lebih diperhatikan karena sebagian besar menyangkut kepentingan umum yang selama ini menjadi imbas dari pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.

 

Kembali 

Copyright © 2006