~ ~
Pencarian Tugas Akhir :
.: Menu :.
   
.: Tugas Akhir Tiap Fakultas :.
   

PELAKSANAAN PEMERIKSAAN PRAPERADILAN BERKAITAN DENGAN MASALAH PENAHANAN BAGI TERSANGKA TINDAK PIDANA PERKOSAAN DI PENGADILAN NEGERI WONOSARI (82)
APRILIANA SAFITRI(E0004008)
Hukum Acara


ABSTRAK

 

APRILIANA SAFITRI. E 0004008. STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMERIKSAAN PRAPERADILAN BERKAITAN DENGAN MASALAH PENAHANAN BAGI TERSANGKA TINDAK PIDANA PERKOSAAN DI PENGADILAN NEGERI WONOSARI. FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pemeriksaan perkara praperadilan yang diajukan di Pengadilan Negeri Wonosari, bagaimana implikasi putusan hakim terhadap praperadilan tersebut bagi tersangka, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelesaian praperadilan di Pengadilan Negeri Wonosari.

Penelitian yang digunakan oleh penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitian di Pengadilan Negeri Wonosari, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi terhadap berkas perkara yang telah in kracht van gewisde, perundang-undangan serta buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Data yang diperoleh disusun dalam bentuk analisa data kualitatif..Adapun prosesnya analisis data dengan menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan yang aktifitasnya berbentuk interaksi dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus antara tahap-tahap tersebut.

Melalui hasil kajian dapat diketahui bahwa proses pelaksanaan pemeriksaan praperadilan di Pengadilan Negeri Wonosari tidak menyimpang dari ketentuan yang mengaturnya, yaitu Undang-Undang No.8 Tahun 1981 tentang Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Putusan Hakim dapat memberikan implikasi terhadap tersangka. Dengan putusan dinyatakan gugur maka tersangka tetap berada dalam tahanan. Dalam pemeriksaan praperadilan tidak ada kendala yang berarti karena hakim dianggap tahu hukumnya ( ius curia novit ).   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kembali 

Copyright © 2006